Ini adalah salah satu even yang ditunggu-tunggu oleh semua peserta lomba pacuan kuda ke IV yang digelar oleh SRI SULTAN HB X pada Kejuaraan ini digelar di sirkuti pacuan kuda komlek Stadion Sultan Agung, Bantul, 10-11 November. Menurut Sekretaris panitia, Choirul Muslim, 210 ekor kuda itu akan dibagi dalam dua hari perlombaan. Pada Sabtu (10/11) akan dilepas 85 ekor untuk 14  kelas.

Sementara itu, 125 ekor yang tersisa akan dilepas Minggu (11/11/2012) untuk 16 nomor pertandingan utama. Kuda-kuda itu berasal dari DKI, Banten, Jabar, Jateng, DIY, Jatim, Kalsel, NTT, Sulut, Sumbar, Sumut dan Maluku Utara.

Di nomor bergengsi 2000 meter persaingan ketat akan terjadi, pasalnya kuda juara, Saud, absen dari kompetisi tahun ini. Saud merupakan juara di tingkat nasional. Kalau dia absen, yang lain tentu punya kesempatan untuk menjadi juara,” papar dia di Bantul, Kamis (8/11/2012). Menambahkan, di nomor tersebut ada tujuh kuda yang berpeluang merebut gelar juara.  Kuda-kuda yang dinilai  mampu mencuri tempat untuk bisa membawa pulang piala antara lain Spirit Pikatan, Excel Jatim, Posaidon, Pramuda Wardani Solo dan Gerard Eclipse Jabar. Selama tiga tahun berturut-turut, piala HB X selalu dipegang Bagelen Stable Purworejo.

IMG_7710

Satu peserta pacuan sebelum dimulainya start dimulaiGambar

persaingan ketat antara joki yang sedang memacu tunggangannya, tanpa memberi kesempatan peserta lain.

GambarGambarGambarGambarGambar

kuda bernomor punggung 1 yang akhirnya memenangkan jiara 1 kelas terbuka 2.000 M.GambarGambarGambar

tampak raut wajah joki setelah terjatuh dari kudanya.GambarGambar

Tampak depan kuda juara dari Excel Jatim setelah menang dari para pesaingnya yang tanggu-tangguh.GambarGambar

Piala Juara 1 kelas terbuka 2.000 M. from lapangan pacuan kuda sultan agung bantul DAEWAH ISTIMEWA YOGYAKARTA.

text and photos by Muhammad Lathief Taslim