Aktivitas vulkanik dikawas sikidang dieng, memberikan daya tarik sendiri bagi wisatawan asing /lokal, dan salah satu tujuan utama bagi mereka tak lain mengunjungi kawah sikidang atau orang menyebutnya kawah putih, kawah ini tidak kalah indahnya sama kawah putih bandung, obyek wisata ini merupakan bekas letusan gunung berapi yang membentuk kawah, kawah sikidang masih aktiv sampai sekarang, namun cukup aman untuk dikunjungi karna memiliki kadar belerang yang rendah.

IMG_0254

Tampak dari arah yang membelakangi kawah, sebagian pengunjung berjalan kaki menyusuri jalan kawah, setelah puas berjalan-jalan dipinggiran kawah.

IMG_0188  IMG_0202

 Selain bisa berfoto-foto dengan keluarga, pasangan , kawah sikidang  juga sering digunakan sebagai tempat  foto prewed oleh sebagian orang, karna keindahan dan hamparan tanah lapang yang berwarna putih.

IMG_0249  IMG_0260

IMG_0228

 Tampak dari dekat bibir  kawah, Sebuah kolam besar dengan air bercampur lumpur berwarna abu-abu yang terus menggelegak. Ujung kolam tidak terlihat karena pekatnya asap putih yang mengepul. Konon air dan lumpur ini memiliki suhu 98 derajat celcius, dan bahkan mungkin lebih. Pagar bambu dibangun mengelilingi kawah demi keselamatan para pengunjung. Guide merupakan salah satu cara yang dipakai oleh wisatawan yang baru pertama kali mengunjungi kawah sikidang, untuk menggunakan jasanya.

IMG_0279

 Menurut cerita penduduk setempat, dulu ada seorang pengunjung yang nekat mengambil gambar dari bibir kawah terperosok kakinya dan jatuh. Karna tak menghiraukan Larangan mendekat kawah, ketika diangkat, kulit kakinya sudah meleleh dan tinggal tulang saja. Obyek wisata ini memang unik dan menarik, namun Anda harus selalu waspada mengingat kawah ini masih tergolong aktif.

IMG_0225  IMG_0227

IMG_0269  IMG_0220

IMG_0253  IMG_0268

 Tak hanya keindahan kawah dan alam saja, ada beberapa penyewaan kendaraan yang dapat disewa oleh pengunjung,seperti kuda, motor trail, dan sepeda untuk memudahkan pengunjung mengakses ke kawah sikidang,  kuda yang disewakan hanya sekedar  untuk foto.

IMG_0215  IMG_0222

 Penjual belerang memanfaatkan tempat dipinggir aliran sungai tepatnya dipinggir jembatan. Selain strategis,  jembatan berukuran sedang ini menarik perhatian pengunjung yang sedang berjalan melalui jembatan,  dengan Sebuah karung dan bongkahan-bongkahan belerang ditata rapi diatasnya. Batu-batu itu dijual kepada para pengunjung sebagai sovenir khas Kawah Sikidang.

IMG_0208

Text and photos by Muhammad Lathief Taslim